Jumat, 14 Desember 2018

Pengertian SEO, SEM, SMM & SMO | Universitas Gunadarma


Mungkin anda sering mendengar kata SEO, SEM, SMM & SMO, namun apakah Anda mengetahui pengertian SEO, SEM, SMM & SMO tersebut? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, saya akan membahas definisi SEO, SEM, SMM & SMO pada blog kali ini
Apa itu SEO?
Definisi (Search Engine Optimization) SEO menurut Google yaitu sebagai berikut:

“SEO adalah cara untuk meningkatkan pengunjung sebuah website dari mesin pencari” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.

Definisi diatas terlihat sangat sederhana, tetapi mari kita jelaskan lebih lanjut tentang hal ini. Pada dasarnya, SEO adalah proses meningkatkan keadaan situs Anda untuk audiens online melalui mesin pencari. Dengan kata lain, metode optimasi yang membantu untuk meningkatkan kemampuan website Anda agar website tersebut dicatatkan pada halaman pertama atau kedua dari hasil pencarian organik.

Sederhananya, Anda ingin membuat konten yang unik, menarik dan berkualitas untuk orang yang berkunjung ke website Anda. Kemudian di website tersebut Anda ingin membangun link berkualitas dari situs yang relevan. Mungkin ada cara lain untuk meningkatkan pengunjung di website anda, tetapi jika Anda tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building yang berkualitas, maka Anda akan mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website Anda pada hasil pencarian organik. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jasa SEO profesional untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.
Apa itu SEM?
Seringkali Anda mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan SEM secara bergantian meskipun kedua istilah ini mungkin pernah memiliki asal & makna yang sangat dekat, tetapi sekarang ini mereka berbeda satu sama lain. Berikut definisi SEM (Search Engine Marketing) menurut Google :

SEM (Search Engine Marketing) adalah penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM biasanya menggunakan sistem pay-per-click (PPC), yang artinya si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (kadang disebut juga cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.

SEM melibatkan iklan berbayar seperti Google Adsense, Facebook Ads dan metode lain dari iklan online. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampanye. Anda harus menetapkan anggaran untuk pembuatan iklan online. Melibatkan iklan berbayar merupakan cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Nantinya iklan tersebut akan muncul di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.
Apa itu SMO?
Sekarang kita telah mengetahui definisi SEO dan SEM, tapi apakah arti SMO? SMO adalah singkatan dari Social Media Optimization. Definisi SMO dibawah ini kami temukan melalui forum pada pembahasan SMO.

“Sosial Media Optimization atau biasa disingkat SMO meningkatkan keadaan, aktivitas dan konten yang dipublikasikan di sosial media Anda sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten Anda. Manfaat Sosial Media Optimization yaitu membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat orang lain lebih mudah untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin pencari (search engine) mengindeks profil sosial media Anda, selain itu aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.

Intinya adalah, Anda harus membangun profil online melalui jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang telah Anda buat di website atau blog. Selain itu, Anda dapat  menambahkan ikon share social media untuk memudahkan orang lain yang mungkin ingin membagikan konten Anda.
Apa itu SMM?
Mirip dengan SEM, SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing. SMM adalah proses untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur merek Anda dan biasanya melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Mungkin Anda sudah familiar dengan iklan Facebook, nah itu merupakan salah satu contoh SMM.
Kesimpulan
Kesimpulannya yaitu jasa SEO dan SMO adalah metode yang dapat Anda terapkan sendiri sedangkan SEM dan SMM adalah metode yang membutuhkan pembayaran pada iklan dan menetapkan anggaran. Meskipun SEM dan SMM membuat hasil yang lebih cepat dibanding SEO dan SMO, namun mereka (SEM dan SMM) terbatas pada ukuran anggaran Anda. SEO dan SMO adalah pilihan untuk jangka panjang, jika anda melakukannya dengan benar dipastikan akan terus membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda.

Jadi mana yang tepat untuk Anda? Itu semua tergantung pada tujuan bisnis Anda, tapi setidaknya sekarang Anda telah memahami persyaratan dan dapat membuat keputusan dalam memilih metode yang tepat digunakan untuk bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar