Mungkin anda sering mendengar kata SEO, SEM, SMM & SMO,
namun apakah Anda mengetahui pengertian SEO, SEM, SMM & SMO tersebut?
Bagi Anda yang belum mengetahuinya, saya akan membahas definisi SEO, SEM, SMM
& SMO pada blog kali ini
Apa itu SEO?
Definisi (Search Engine Optimization) SEO menurut Google yaitu
sebagai berikut:
“SEO adalah cara untuk meningkatkan pengunjung sebuah website dari
mesin pencari” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.
Definisi diatas terlihat sangat sederhana, tetapi mari kita
jelaskan lebih lanjut tentang hal ini. Pada dasarnya, SEO adalah proses
meningkatkan keadaan situs Anda untuk audiens online melalui mesin pencari.
Dengan kata lain, metode optimasi yang membantu untuk meningkatkan kemampuan
website Anda agar website tersebut dicatatkan pada halaman pertama atau kedua
dari hasil pencarian organik.
Sederhananya, Anda ingin membuat konten yang unik, menarik dan
berkualitas untuk orang yang berkunjung ke website Anda. Kemudian di website
tersebut Anda ingin membangun link berkualitas dari situs yang relevan. Mungkin
ada cara lain untuk meningkatkan pengunjung di website anda, tetapi jika Anda
tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building yang
berkualitas, maka Anda akan mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan
pengunjung website Anda pada hasil pencarian organik. Selain itu Anda juga bisa
menggunakan jasa SEO profesional untuk meningkatkan jumlah pengunjung
website Anda.
Apa itu SEM?
Seringkali Anda mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan
SEM secara bergantian meskipun kedua istilah ini mungkin pernah memiliki asal
& makna yang sangat dekat, tetapi sekarang ini mereka berbeda satu sama
lain. Berikut definisi SEM (Search Engine Marketing) menurut Google :
“SEM (Search Engine Marketing) adalah penggunaan iklan online
pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website
Anda. SEM biasanya menggunakan sistem pay-per-click (PPC), yang artinya si
pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka
(kadang disebut juga cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing
vocabulary, Learn with Google.
SEM melibatkan iklan berbayar seperti Google Adsense, Facebook Ads
dan metode lain dari iklan online. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan
pengukuran hasil kampanye. Anda harus menetapkan anggaran untuk pembuatan iklan
online. Melibatkan iklan berbayar merupakan cara tercepat agar website Anda
muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Nantinya iklan tersebut
akan muncul di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.
Apa itu SMO?
Sekarang kita telah mengetahui definisi SEO dan SEM, tapi apakah
arti SMO? SMO adalah singkatan dari Social Media Optimization. Definisi SMO
dibawah ini kami temukan melalui forum pada pembahasan SMO.
“Sosial Media Optimization atau biasa disingkat SMO meningkatkan
keadaan, aktivitas dan konten yang dipublikasikan di sosial media Anda sehingga
mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan
konten Anda. Manfaat Sosial Media Optimization yaitu membantu mengarahkan lalu
lintas ke situs Web atau blog, membuat orang lain lebih mudah untuk berbagi
dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan
membantu mesin pencari (search engine) mengindeks profil sosial media Anda,
selain itu aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.
Intinya adalah, Anda harus membangun profil online melalui
jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang telah Anda buat
di website atau blog. Selain itu, Anda dapat menambahkan ikon share
social media untuk memudahkan orang lain yang mungkin ingin membagikan konten
Anda.
Apa itu SMM?
Mirip dengan SEM, SMM merupakan singkatan dari Social Media
Marketing. SMM adalah proses untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan
meningkatkan eksposur merek Anda dan biasanya melibatkan iklan berbayar
melalui jaringan media sosial. Mungkin Anda sudah familiar dengan iklan
Facebook, nah itu merupakan salah satu contoh SMM.
Kesimpulan
Kesimpulannya yaitu jasa SEO dan SMO adalah metode yang dapat
Anda terapkan sendiri sedangkan SEM dan SMM adalah metode yang membutuhkan
pembayaran pada iklan dan menetapkan anggaran. Meskipun SEM dan SMM membuat
hasil yang lebih cepat dibanding SEO dan SMO, namun mereka (SEM dan SMM)
terbatas pada ukuran anggaran Anda. SEO dan SMO adalah pilihan untuk jangka
panjang, jika anda melakukannya dengan benar dipastikan akan terus membawa
hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda.
Jadi mana yang tepat untuk Anda? Itu semua tergantung pada tujuan
bisnis Anda, tapi setidaknya sekarang Anda telah memahami persyaratan dan dapat
membuat keputusan dalam memilih metode yang tepat digunakan untuk bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar